Kikitkj’s Blog

fungsi

Posted on: Juni 15, 2009

Jika Windows dikupas, ada banyak fungsi tersembunyi di dalamnya. Tentu saja, dibutuhkan beberapa cara agar fungsi yang berguna ini muncul dan bisa dimanfaatkan.

Sebuah kebanggaan tersendiri memang, saat menemukan atau bisa memanfaatkan sesuatu hal yang sebelumnya tersembunyi. Apalagi jika bisa diperoleh dengan gratis. Hal ini berlaku juga dalam berkomputer. Salah satu yang bisa ditemukan dengan gratis ada beberapa utiliti pilihan dalam Windows. Beberapa utiliti yang gratis tersebut ada yang sudah terinstalasi dalam Windows. Anda tinggal mengatur penampakannya saja.

Dan, tahukah Anda bahwa banyak pengguna komputer yang belum mempergunakan software atau bahkan sistem operasi yang digunakannya secara optimal. Seperti juga otak manusia, yang ternyata untuk rata-rata manusia pada umumnya baru digunakan dengan tingkat utilitas sekitar 30-40% dari kemampuan keseluruhan. Begitu juga dengan sistem operasi Microsoft Windows yang sehari-hari kita gunakan. Belum semua kemampuannya diekplorasi hingga batas optimal.

Sebagai contoh, pernahkah Anda mendengar tentang utiliti bernama Eudcedit? Bisa dipastikan kurang dari setengah pengguna Windows tidak pernah mengenal tool untuk membuat karakter sendiri ini. Padahal, dalam setiap Windows, utiliti yang sangat berguna ini sudah terdapat. Hanya saja memang tidak ditampilkan pada deretan menu. Bahkan utiliti-utiliti seperti ini tidak pernah dimunculkan dalam manual atau fitur Help.

Eudcedit.exe: Menciptakan Karakter Sendiri
Windows 2000, XP

Fungsi: Eudcedit nama aslinya adalah Microsoft Private Character Editor. Dari nama aslinya bisa diketahui fungsinya, yakni editor karatkter. Namun, lebih dari itu, tool yang hanya bisa ditemukan di Windows XP dan 2000 ini memungkinkan Anda untuk membuat karakter tersendiri dan disimpan dalam koleksi font di Windows.

Penggunaan: Eudcedit bisa diaktifkan dengan membuka Start | Run dan mengetikkan “eudcedit” (tanpa tanda kutip). Saat membuka Eudcedit, Anda akan berhadapan dengan sebuah screen. Klik salah satu kotak kecil di dalamnya dan klik OK. Setelah itu akan terbuka sebuah bidang kerja yang mirip dengan MS Paint. Hanya saja tampilannya hitam putih. Tersedia banyak bidang putih bergaris. Anda tinggal menentukan pada kotak mana yang diberi warna hitam sehingga tercipta sebuah karakter. Setelah selesai, simpan dan masukkan dalam kategori font yang sesuai dengan keinginan Anda.

Iexpress.exe, Membuat Auto Installation Archieve
Windows 98, Me, 2000, XP

Fungsi: Anda mungkin sudah kenal dengan file terkompresi yang dilengkapi dengan auto extractor. File kompresi seperti ini biasa dikenal dari WinZip ataupun Winrar. Tapi, Microsoft ternyata juga menyertakan pembuat file kompresi self extractor yang terintegrasi dan gratis dengan sistem operasi Windows Anda, yaitu IEXPRESS.EXE. Untuk sistem operasi Windows 2000 dan XP, file ini terletak pada \WINDOWS\system32. Ini akan sangat berguna, bagi para programer yang membutuhkan deploy file ke sistem lain.

Penggunaan: Dengan graphic interface yang memudahkan dalam membuat Win32 Cabinet Self-Extractor. Step by step yang diberikan sangat jelas dan cukup detail. Anda diberikan kesempatan untuk memberikan prompt konfirmasi, bahkan license agreement. Untuk yang terakhir, Anda membtuhkan sebuah file text (.txt). Selanjutnya tinggal menentukan file-file apa saja yang akan dimasukan dalam file Win32 Cabinet Self-Extractor ini. Jika proses selanjutnya adalah instalasi, bisa juga dilakukan. Dengan hanya menunjuk file yang akan dijalankan (.exe) ataupun dengan memberikan sequence sesuai keinginan anda dalam bentuk INF file.

Cipher dan Compact, Utiliti Spesial NTFS
Windows 2000, XP Pro

Fungsi: Windows 2000 dan XP mempunyai kemampuan untuk mengkompresi bahkan memproteksi file, folder, bahkan drive. Dengan catatan, partisi yang digunakan dalam format NTFS. Ada dua utiliti, yakni COMPACT.EXE untuk mengkompres dan CIPHER.EXE untuk mengenkripsi. Keduanya bisa dieksekusi untuk melakukan fungsinya berdasarkan command line melalui MS-Dos.

Penggunaan: Masuk lebih dahulu dalam MS-Dos dengan mengetikkan “cmd” atau “command” dalam kotak Run tanpa tanda petik. Setelah masuk dalam lingkungan MS-Dos, ketikkan perintah cipher/? atau compact/? Untuk mengetahui command line yang digunakan beserta fungsinya. Jangan lupa untuk masuk dalam direktori root agar Anda tidak bingung mencari file target. Jika Anda lupa, gunakan penrintah CD untuk berpindah direktori.

Utilman, Satu Aplikasi dengan 3 Utiliti
Windows 2000, XP

Fungsi: Tahukah Anda tentang Utility Manager? Sebuah aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows 2000 dan XP. Utility Manager dikenali dari nama file UTILMAN.EXE yang juga memiliki shortcut dengan hanya menekan tombol [Windows] + [U]. Di dalam Utility Manager, terdapat 3 utiliti, yakni Magnifier, Narrator dan On-Screen Keyboard. Magnifier adalah semacam pengganti kaca pembesar untuk desktop Anda, MAGNIFY.EXE. Sedangkan On-Screen Keyboard dapat menggantikan fungsi keyboard, menggunakan keyboard visual yang tersedia pada layar display, OSK.EXE.

Fungsi magnifier yang membesarkan tampilan pada ujung cursor sebesar 9 kali lipat ukuran sebenarnya jarang dibutuhkan, selama mata Anda masih mampu melihat monitor dengan jelas. On-Screen Keyboard, tidak akan banyak berguna, kecuali Anda memiliki display dengan kemampuan layar touch screen. Anda dapat menggantinya dengan calculator, misalnya.

Penggunaan: Cara mengaktifkan Utility Manager cukup sederhana, hanya dengan mengetikkan “utilman” di kotak Run. Kemudian, akan muncul 3 aplikasi yang siap dipergunakan beserta jendela setting-nya masing-masing.

Cara sederhana lain untuk memunculkan Utility Manager adalah dengan menggunakan tombol [Windows] + [U]

Welcome Screen, Pesan Kepada Seluruh Pengguna
Windows 2000, XP

Fungsi: Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, Anda dapat menampilkan individual message dalam bentuk sebuah dialog box. Untuk mengaktifkannya, Anda harus login dahulu sebagai administrator. Kemudian dengan mengedit registry, melalui REGEDIT.EXE, masuklah dalam direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion.
Kemudian lihat key Winlogon, jika tidak ada, buat sendiri key ini lebih dahulu. Kemudian pada sub key LegalNoticeCaption set enable. Kemudian ketik text yang ingin Anda tampilkan pada LegalNoticeText.

Fungsi: Hal ini akan berguna bagi seorang system administrator. Anda dapat memberikan informasi kepada user yang akan muncul saat user melakukan login. Pemunculannya berupa sebuah jendela dialog berisi pesan Anda. Sedangkan user yang tidak memiliki administrator right tidak dapat melakukan hal ini. Jika tidak diperlukan lagi, dapat dengan mudah dinonaktifkan dengan cara menghapus value di atas pada registry.

Mematikan Gangguan Balon Kuning
Windows XP

Fungsi: Windows XP cerewet! Pendapat seperti ini sering timbul karena banyaknya peringatan berupa balloon berwarna kuning. Balloon ini juga sering keluar untuk sekedar memberikan tip. Sebetulnya hal ini bukanlah kekurangan dari Windows XP, apalagi untuk para pemula yang baru menggunakan sisterm operasi yang satu ini. Namun bagi pengguna Windows XP kawakan, tentu akan terasa menyebalkan.

Fungsi: Pengguna Windows XP yang kawakan pasti akan bernafas lega karena terbebas dari serangan balloon kuning ini. Caranya cukup mudah. Hanya dengan melakukan edit registry yang terbilang sederhana. Lokasinya ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

Search Assistant: Fungsi Pencarian yang Lebih Manis
Windows XP

Fungsi: Fungsi pencarian pada Windows XP dilengkapi dengan search assistant. Secara default, asisten yang akan mendampingi Anda adalah seekor anjing berwarna cokelat dengan nama Rover. Rover inilah yang akan membantu untuk melacak apa pun yang dicari. Penampakan wujud asisten ini dapat diganti, Anda dapat memilih antara Rocky, Merlin, Courtney, dan Earl. Namun tips di sini untuk Anda yang merasa tidak terbantu (atau terhibur) dengan adanya asisten ini. Tip ini bagi Anda yang memilih fungsi search, daripada tampilan pemanis tambahan berupa asisten-asisten yang lucu ini.

Penggunannya: Masuk dalam Registry Editor dengan mengetikkan “regedit” dalam kotak Run. Buka direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft \Windows NT\CurrentVersion\Explorer\CabinetState.

Wallpaper, Membuat Wallpaper Changer Sendiri

Fungsi: Beberapa pengguna Windows memang menyukai penggunaan wallpaper, sebagai background desktop. Penggunaan satu gambar sebagai wallpaper kadang terasa membosankan. Ingin wallpaper yang berubah-ubah? Dengan program 3rd party, ini bisa dilakukan. Bisa juga Anda lakukan dengan sedikit proses edit registry. Ingat, untuk Windows 2000 dan XP dibutuhkan user dengan administrator right untuk dapat mengedit registry.

Beberapa Program yang Berguna dalam Wi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: